Dialog LXXVII: Buah Nyampah [2] Stand Up, Comedy!

hadeuh~ rasanya agak bersalah kemarin nyampah seharian padahal banyak kerjaan. semoga menuliskan sebagian sampah yang saya temukan kemarin bisa menebusnya.

ga bisa -_- kerjain tugas-tugasnya!

entar -_- setelah seharian menyerap banyak konten yang diproduksi orang lain, saatnya melepas sedikit konten agar tidak menumpuk di kepala. juga semoga jadi kontribusi yang bermanfaat bagi orang yang nyampah hari ini (setidaknya, sampah yang mereka temukan ini bergizi, semoga).

kemarin saya menemukan dua hal yang membuat saya tertawa seharian (meski sebenarnya sedang agakgalaugalaugitude): avatar meme dan stand-up comedy.

yang pertama adalah sampah betulan, tapi lucu. lucu dengan cara yang mengherankan. meme ini adalah penggunaan beberapa kalimat dari pembukaan serial animasi avatar the legend of aang versi bahasa indonesia seperti: 'tapi semua berubah saat negara api menyerang', 'hanya avatar penguasa 4 elemen yang dapat menghentikannya, atau 'tapi saat dunia membutuhkannya, ia menghilang'. saya menemukannya di grup facebook dka dan mereka menggunakannya baik di status maupun postingan di grup. contoh penggunaannya:

saya menemukan hal seperti ini juga di twitter, karenanya saya menyimpulkan hal ini sudah jadi meme. tapi saya tidak ingin membahasnya terlalu jauh karena ini benar-benar sampah. sesampah 'sesuatu banget' meski belum tentu bertahan selama 'sesuatu banget'. tapi semua ini memang sesuatu banget sih...

yang kedua adalah format baru dari dunia perlawakan indonesia, stand-up comedy. awalnya saya membaca postingan di berbagai social media tentang acara pencarian bakat (just like another 'indonesian idol' thing) stand up comedy di kompas tv yang baru melakukan siaran uji coba skala nasional belakangan ini. saya menonton sedikit dan melihat (calon) komedian tunggal yang masih... er~ garing. lalu saya lihat postingan video youtube dari seorang teman di grup facebook dka dan tertarik untuk mencari video stand up comedy yang dilakukan orang indonesia. saya menemukan kanal standupcomedyindo yang berisi video dari event-event stand up comedy yang dimotori beberapa komedian muda (konotasinya jadi aneh kalau disebut pelawak) diantaranya, yang paling terkenal, raditya dika dan pandji pragiwaksono. dan ini benar-benar mengagumkan.

stand-up comedy adalah suatu bentuk hiburan komedi. bertujuan untuk membuat orang tertawa (dan biasanya pada stand-up comedy menyisipkan makna-makna yang sesuatu banget... argh! terkutuk kau sesuatu!). bedanya adalah, ini dilakukan oleh satu orang. ya satu orang saja. menghadapi puluhan hingga ribuan penonton.

hm~ tadi kamu bilang ini adalah format lawak baru di indonesia. tapi nampaknya satu orang melawak menghibur banyak orang cukup biasa di sini. setidaknya, orang yang berpidato maupun ceramah keagamaan kadang-kadang menyelipkan humor.

ya, tapi format seperti ini jarang dibuat acara khusus. stand-up comedy ini merupakan format acara komedi yang sudah biasa di amerika (dan mungkin juga eropa). menurut sepengetahuan saya, acara komedi seperti ini di sana sudah dapat dibuatkan acara khusus dan dihadiri ribuan penonton (untuk komedian yang sudah sangat terkenal), selayaknya konser tunggal. ya, istilah 'comedian' di amerika tidak hanya merujuk pada aktor acara komedi di televisi, tapi juga seniman stand-up comedy. mereka seperti halnya musisi, bisa tampil dari kafe ke kafe atau di gedung pertunjukan dengan penonton yang memenuhi gedung. belum banyak video stand-up comedy yang saya tonton (dan belum pernah nonton langsung tentunya). dari yang sudah saya tonton, saya menangkap bahwa kebanyakan lawakan mereka cerdas meski ada juga yang main fisik, slapstick, menghina, dan semacamnya, seperti yang dilakukan spongebob di episode squirrel jokes.

di indonesia, lawakan biasanya dibawakan secara berkelompok; duet, trio, kwartet, atau lebih. bentuk pertunjukkannya bisa dalam seni peran tradisional, film layar lebar, sandiwara radio, acara komedi situasi di televisi, dan sketsa. acara lawakan tunggal jarang ada (saya tidak berani mengatakan tidak ada, soalnya mungkin ada tapi tidak mudah menemukannya, oke, secara umum katakanlah, tidak ada). berbeda dengan stand-up comedy, pada lawakan berkelompok, jika kita merasa telah melontarkan lawakan yang tidak lucu, kita dapat mengandalkan lawan main untuk memperlucu acara atau memperlucu lawakan kita. hal ini tentu tidak bisa dilakukan pada stand-up comedy. kecuali jika mahir berinteraksi dengan penonton.

meski stand-up comedy bukan atau belum menjadi budaya di indonesia, saya melihat pekerjaan atau kegiatan yang mendekati stand-up comedy ini. misalnya pesulap, penyanyi solo, orator, seniman monolog, dan seperti yang kamu sebut, da'i.

er~ iya sih, tapi sepertinya tujuan utama mereka bukan membuat orang tertawa. persamaannya hanya bahwa mereka sendirian harus menghadapi banyak orang.

yah~ mirip-mirip lah :p stand-up comedy memiliki tingkat kesulitan tersendiri. seorang penceramah atau orator sendirian berbicara di depan umum agar pendengar tergerak untuk melakukan sesutu (persuasif, idealnya, pada kebanyakan kasus, parameter kesuksesan adalah pendengar tidak tidur). seorang pelawak di stand-up comedy sendirian mengusahakan agar pendengar setidaknya tertawa dan terhibur (dan lebih jauh lagi, bagi pelawak idealis, tercerahkan). seperti kita tahu, membuat orang tertawa itu sulit. selera humor orang berbeda-beda. meski setiap orang bisa melucu, belum tentu lawakannya bisa membuat tertawa banyak orang, tidak hanya orang-orang di pergaulannya. saya sendiri, seringkali memikirkan suatu banyolan, namun saat diucapkan, malah tidak lucu -_-.


masih agak sangsi kalau stand-up comedy akan populer untuk waktu yang sangat lama. video lip-sync saja nampaknya hanya populer pas sinta-jojo masih nge-trend.

orang-orang yang mengupayakan stand-up comedy ini nampaknya tidak main-main. pandji pragiwaksono, yang juga host acara stand-up comedy di kompas tv, terlihat serius soal membawa stand-up comedy ke indonesia. katanya agar masyarakat indonesia tidak terlalu sensitif.

seperti kamu ^_^.

er~ entah apakah pandji sedang melawak saat melontarkan hal itu atau tidak. saya setuju bahwa memang budaya indonesia selalu berhati-hati soal menjaga perasaan orang lain (kadang-kadang terlalu hati-hati) dan ini tidak terlalu buruk. meski seperti kata dosen teknologi sensor, sensor itu semakin sensitif semakin bagus, tapi kalau orang semakin sensitif makin... ga asik.

dari komedian stand-up comedy yang sudah saya tonton di kanal youtube standupcomedyindo, pandji memang yang paling baik lawakannya dan juga bermakna. nampaknya dia serius soal niatan baiknya membawa stand-up comedy ke indonesia. kalau belum percaya lihat video stand-up comedy yang dia bawakan (wew, ternyata upaya populerisasi stand-up comedy ini sudah dilakukan sejak juli).




tidak hanya membuat orang tertawa, tapi host acara provocative proactive ini juga ingin penonton pulang dengan membawa sesuatu (yang sesuatu banget, sesuatu argh!). seperti juga di acara provocative proactive, dia sering mengkritik (dan kadang meledek) pemerintah. secara pribadi, saya tidak selalu sepakat dengan konten lawakannya (dan secara umum, dengan pemikirannya) tapi menurut saya, pandji ini yang paling penampilannya paling menarik. meskipun demikian, video yang paling banyak ditonton adalah raditya dika yang tentunya sudah terlanjur lebih populer di banding komedian lain yang video-nya ada di kanal standupcomedyindo.

saya masih belum percaya ini akan bertahan lama. bahkan untuk mengedukasi masyarakat tentang keberadaan stand-up comedy ini nampaknya butuh waktu lama. kita ingat, acara pencarian bakat grup lawak yang dulu diselenggarakan oleh tpi (lupa lagi namanya) dan juga pencarian bakat grup musik lawak (lupa juga namanya -_-) tidak banyak menghasilkan pelawak terkenal. yang paling sukses mungkin sule, itu juga baru populer lama setelah dia menang (kalau ga salah) di acara pencarian bakat itu.

kalaupun tidak populer, setidaknya menjadi alternatif. stand-up comedy mungkin hanya akan dikenal oleh kalangan 'hipster' atau komunitas-komunitas tertentu. sama seperti anime, super sentai, dan drama korea yang hanya populer di kalangan tertentu (yang memang cukup luas). meskipun ini bisa jadi menggeser popularitas seni lawak tradisional ya~ gapapa lah, semakin banyak alternatif hiburan lebih baik, untuk masyarakat indonesia modern yang semakin bervariasi.

hm~ ngomong-ngomong, istilah yang tepat tuh, pelawak, komedian, atau seniman lawak ya?

er~

Comments

Wow kereeen,semangat aja ya n klo ada wkt silahkan kunjungi blog http://rumahsinggahsahabatanak.blogspot.com dan saya tunggu komentarnya ya .................................,

Popular posts from this blog

Dialog LXXX: Banyak Jalan Menuju Tomorrowland (Bag. 1/2)