Dialog XLIX: Memadu YM dan XMPP dalam Pidgin, Berselingkuh dengan Spark

dual account di instant messengger kan ga aneh.

baru kali ini aja nyoba ^_^ lagian mumpung ada fasilitas baru hasil isengan orangisengbanget dan inoex135. well soal layanan ini saya sendiri masih agak bingung.

karena masih bingung dengan persoalan lain ^_^.

^_^ oke... saya terima (meski nampaknya malam ini muka berseri, tapi hati rada emosi -_- ah sudahlah kita kembali ke lajur yang baik dan benar). informasi mengenai layanan khusus pengguna akun itb network account ini ada di sini. yang saya tangkap sih, ini layanan server chatting internal itb berbasis xmpp atau biasa disebut jabber.

apa itu jabber dan xmpp?

well saya juga tidak begitu paham. saya copy paste dulu saja dari wikipedia:

extensible messaging and presence protocol (xmpp) (formerly known as jabber) is an open, xml-inspired protocol for near real time, extensible instant messaging (im) and presence information (a.k.a. buddy lists). the protocol is built to be extensible and other features such as voice over ip and file transfer signaling have been added.
selanjutnya, silahkan pergi ke sini. jadi katanya sih, server xmpp ini dibuat atas ketidaknyamanan yahoo messengger n google talk yang akhir-akhir ini delaynya sangat besar dan sering disko (disconnect). lalu, blah... blah... blah... dan juga kalo ga salah berdasarkan pada rencana bahwa itb ingin menyediakan fasilitas voip dan chat server internal (cmiiw) dibuatlah chat server ini di server dka. well, kayanya sih dah bisa diakses dari luar comlabs juga.

meski disarankan menggunakan instant messenger spark, tapi ternyata pakai pidgin juga bisa. langkahnya sebagai berikut:
-klik accounts > add/edit
-klik add
-pilih protocol: xmpp
-isi screen name: username ina/ai3, domain: im.itb.ac.id, password: password ina/ai3

voila! buddy listnya kosong melompong -_- harus nge add orang yang pakai ina/ai3 satu-satu saat ini yang nge-add baru aryabima. tak apalah. toh fasilitas file transfer via instant messenger sudah bisa, saya barusan nyoba sama arya untuk bertukar file pakai chat server ini. dia bisa kirim file ke saya, tapi dia tidak bisa menerima file dari saya. apakah karena dia pakai vector linux?? sayangnya ukuran untuk buddy icon nya terbatas eung... ga masalah si...

fasilitas search user bermanfaat untuk mencari user ina/ai3 yang bisa di add (wew, bisa diliat juga emailnya). kalo pakai pidgin, fasilitas ini bisa diakses dengan cara: klik accounts, pilih akunnya, di sub menu yang muncul pilih search user.

jadi sekarang karena pidgin dapat dengan mudah mengaktifkan 2 akun bersamaan, maka saya coba menggunakan akun crazydawn22 yang pakai ym dan roseorchiddawn yang pakai xmpp. alhamdulillah bisa.

itu sih simple n biasa ^_^.

ya maklum awa dari kampung lah -_- argh! jadi jika layanan ini sudah mantep, saya akan terus mengaktifkan dua akun tersebut bersamaan: yang ym buat chatting ke luar itb dan yang xmpp buat chatting dan transaksi file dengan orang dalam itb.

sekarang tinggal menanti voip agar ada alasan lebih untuk terus memanfaatkan xmpp ^_^.

sekarang tinggal menanti karyamu -_-.

spark juga cantik koq

spark adalah instant messengger gratisan juga seperti pidgin. software ini direkomendasikan saat sosialisasi chat server itb ini. memang settingnya sedikit lebih mudah daripada pidgin, di tampilan awalnya kita langsung diminta username dan password (ina/ai3) juga diminta mengisi server chat nya (im.itb.ac.id). rebes de...

kelebihan:
fasilitas broadcasting yang bagus (kalo di yahoo, send to group; kalo di pidgin ga ada, kalo ada kasih tahu saya ^_^). di sini kita bisa milih buat ngirim pesan ke group, semua orang di roster (istilah buddy list di spark), atau ke 2 orang lebih. tinggal klik ikon broadcast yang berupa toa warna putih, lalu muncul box yang meminta untuk memilih penerima (bisa satu-satu atau klik grupnya) dan mengisi message yang ingin dikirimkan. klik send, dan terkirim..... sayangnya, anda harus mengaktifkan akun yahoo dulu anda sebelum menggunakannya!!!!!!!!!! di bawah ada dua opsi: message atau alert. masih belum jelas fungsinya, namun jika kita menggunakan alert, dan mengirim ke orang yang memakai spark juga, maka di penerima akan muncul dialog box.

yang kedua, bisa dengan mudah mengaktifkan akun yahoo!, aim, dan gtalk. klik icon yahoo! di menu icon di atas roster, pilih enter new login, lalu masukan username dan password akun yahoo anda. maka buddy list dari akun tersebut akan masuk ke daftar roster (loadnya lambat, kata dian karena server dka yang bapuk).

lalu ada notes dan task list, ga jelas buat apa, kayaknya sih buat nyatet-nyatet biasa.

terus ada fasilitas buat ngecapture sebagian desktop dan mengirimkannya ke orang lain. pilihan ini ada di window saat kita sedang chat bersama seseorang. namun nampaknya masih belum bisa.

fasilitas chat history yang ada juga cukup bagus. seperti pidgin, chat history disimpan otomatis. bahkan saat kita buka window chatting ma seseorang, chat terdahulu akan tampil pula di layar.

kekurangan:
gak bisa double account kayak di pidgin ^_^.

dan yang paling parah... makan resource memory gede! kemarin saya tes, awalnya hanya pake 19 mb (waktu itu pidgin nyala, pake 12 mb) makin lama makin naek, 20... 30.... 45 mb! (sebenarnya sih naek terus waktu itu... sekarang aja 54 mb). sedangkan pidgin masih adem ayem di 12-13 mb waktu itu.. sekarang cuma 16 mb.

well, cukup cantik sih, tapi kayanya belum bisa ngalahin si merpati ungu ^_^.

yup, pidgin still the best (kalo ada broadcast -_-)

Comments

Anonymous said…
YOOOOOOOOW....

maximum berapa user yang bisa di add?
smileynya gmana? soalnya kan tanpa smiley, dunia terasa hampa :P
maximum usernya belum di chek, sejauh ini belum ada masalah soal mask user...

nah kalo smiley di spark itu... ga konvensional, ga bisa make standar YM. n lebih dikit, meski ada beberapa pilihan model smiley.
Anonymous said…
kk kalo mao ngebatasin size send filenya spark gmn yah...
thx bro......

by sonny
saya hanya sempat mengulik spark sampai sejauh itu, melihat kebutuhan memorinya yang besar sedang kan saya sudah PW dengan pidgin, membuat saya ilfil sama SPark ^_^ jadi saya kurang tahu soal itu.

Popular posts from this blog

Dialog LXXX: Banyak Jalan Menuju Tomorrowland (Bag. 1/2)