Dialog XLVIII: 13 April Ga Bisa Milii...ih ^_^

hore-hore ho, dah! saya akhirnya golput untuk pilgub ini -_-...

seperti yang kamu harapkan -_-

ho oh, tapi ga nyangka juga bakal dengan cara seperti ini: tak terdaftar di tps di sariwangi gara-gara tekat didaftarin (cuman saya anggota keluarga yang ga didaftarin di sariwangi -_-). sebenarnya saya punya suara di garut, cuman males pulang. banyak kerjaan lagi...

kalo ga apatis harusnya bisa maksain pulang kan?

bela-belain ninggalin tugas n tanggung jawab hanya untuk pemilu? ogah! lagian memilih itu bukan tanggung jawab atau kewajiban. itu hak. justru yang sudah memilih bertanggung jawab terhadap yang dia pilih. kalau saya sih, insya Allah tetap akan merasa bertanggungjawab memajukan jawa barat (khususnya garut ^_^) bagaimanapun sistem yang nanti terbentuk. dengan pemikiran yang mirip saya pun tidak menggunakan hak pilih saat pemilihan presiden kabinet mahasiswa kemarin (ditambah lupa karena sibuk -_-). saya ingin tetap bekerja dan bertahan hidup bagaimanapun sistemnya. bukan orang yang sekedar ngeluh-ngeluh terhadap sistem. survival of the fittest, insya Allah saya survive. jadi, pemilu terakhir saat saya menggunakan hak suara saya adalah: pemilihan kades sariwangi tahun lalu -_-. ups ada lagi ketang, pemilu dap dan dka ^_^ (sayang sekali saya harus jadi koord dka dengan cara seperti ini -_-). oh ya dan sebelumnya saya membantu memilih robi jadi kahim hmft (robi vs empty box -_-).

padahal mungkin dengan memilih calon yang baik, kamu bisa membantu orang lain untuk dapat dinaungi oleh sistem yang baik. mungkin kamu adalah salah seorang yang dinaungi oleh sistem, namun kamu tidak sadar, atau tidak mau merasa. sekalipun kamu tidak merasa, orang lain lah yang merasa sangat bergantung pada pemimpin mereka dan sistem yang menaungi mereka.

taruhan kalau bisa saya katakan. sebagai orang yang tidak begitu paham dengan kondisi kampus, tidak benar-benar menjiwai apa itu kemahasiswaan di kampus itb, apalagi tidak terlalu mengamati soal kanan-kiri depan-belakang, saya kurang mendapat data mengenai prediksi kondisi km jika setiap calon dipilih.

ga tahu atau ga mau tahu? -_-

yang saya tahu waktu itu, sekarang yang dicalonin adalah pasangan presiden-ketua mwa perwakilan mahasiswa. mereka adalah:

bobby-gilang (bo-lang) :..... ga kenal, bobby tuh kalo ga salah ketua ohu itb 2007 yats?? visi-misinya bagus sih kayanya. mengedepankan kepahlawanan dan ketangguhan. dan karena dia kalo ga salah dari "kanan", maka dia calon kuat.

shana-bagus: shana yang mantan menkominfo itu kan? kominfo jaman kemaren jadi lebih bagus dengan selebaran-selebaran ga jelas (bukan selebaran gelap) yang meliputi kampus ^_^ (ga kayak jaman saya -_-). visi-misinya aneh... yang saya tengkep sih... ingin menciptakan kemahasiswaan yang ceria-senang-senang gitu... mungkin dia berpikir untuk merangkul mahasiswa yang saat ini lebih suka senang-senang. seperti biasa, kalo ada perempuan berkampanye untuk jadi presiden, maka pasti ada poster pemimpin-pemimpin perempuan kaliber internasional. kalo bagus-nya sih... ga kenal, emang mirip pa brian yang dosen termuda di ft itu sich... ^_^. btw, pasangan calon ini adalah satu-satunya yang tidak pernah memasang poster permohonan maaf karena melanggar aturan kampanye.

fikri-rully (fik-rul): woi fik! wah... ini sih teman saya waktu lmd salman angkatan 159. dia sama-sama anak pesantren, kalo ga salah pesantrennya di bandung... lupa lagi namanya. dia anak tambang. waktu lmd pemikiran n ngomongnya oke juga, mencolok lah. dulu pernah ngajak saya untuk ikut acara gede bareng alumni-alumni pesantren lainnya (bisa disebut mantan santri gak yah?). tapi kayanya acaranya ga jadi. tapi ga nyangka juga bisa nyalonin jadi presiden (karena ga pernah mendengar namanya di... mmmm... katakanlah "arenaperpolitikankemahasiswaan"). kalo rully sih.. wanda (bagi yang belum tahu: wanda = wah... nda tau saya...). dan pasangan ini paling ga niat, hampir ga ada kampanyenya!!! maka pasangan satu-satunya angkatan 2005 ini saya anggap bemper, istilahnya bemper tuh yang saya tangkep, orang yang dijadikan sebagai cadangan, pemecah belah suara, atau meramaikan saja (sori fik, entah apa yang jadi motivasi kamu).

menurut yang saya lihat... hmmm bo-lang tuh... kanan/depan, shana-bagus kiri/belakang, fik-rul kanan/depan/bemper? begitulah hingga akhirnya shana menjadi ibu presiden km itb pertama, menang tipis dari bo-lang (beda sekitar 20 suara!!!). btw soal kanan-kiri, depan-belakang, dan bemper itu... waAllahu a'lam bish showab. koreksi jika saya keliru.

btw, jika saya milih, sebenarnya saya bakal milih shana-bagus, sebab dia ga pernah menunjukkan kekeliruannya (atau kelemahannya saya katakan) dengan memasang poster permohonan maaf atas pelanggaran kampanye. meski saya pesimis dia bisa ngalahin bo-lang. but overall, pemilu ini sepi dibanding 2 tahun lalu (yaiyalah... dulu kan ada 5 calon -_-, satu orang perempuan, kalah).

nah sekarang buat pilgub jabar. ada tiga pasangan calon dengan singkatan yang menarik: da'i (danny-irwan... kalo ga salah soalnya kalo irwansyah pasanganya acha -_-), aman (agum-nu'man), dan hade (heryawan-dede).

da'i: danny adalah gubernur sebelumnya. jika melihat jabar sekarang sudah bagus, maka dia pilihan yang baik. jika melihat jabar sekarang masih kurang, maka dia pilihan yang kurang baik (ga usah pake alasan butuh waktu biar jadi bagus -_- masa jabatan itu kan memang waktu yang disediakan untuk melakukan suatu perubahan, cmiiw). mereka didukung oleh partai golongan karya dan partai demokrat (jadinya partai golongan demokrat -_-). iklannya yang di tv bagus eung... hanya saja koq iklannya menampilkan rakyat dengan grayscale sedangkan sang calon gubernur berwarna. kesannya sang calon tidak mau berkorban warna untuk mewarnai rakyatnya.

alah, berlebihan -_-.

yah, pokoknya gitu dah! seenggaknya, karena jabar lumayan nyaman saat ini, mereka bisa dipercaya. kalo ga salah sih pa danny emang bagus. katanya: mun hayang jabar hade tur aman, pilih da'i! (terjemahan bebas: kalo pingin jabar bagus dan aman, pilih da'i!).

aman: didukung partai demokrasi indonesia perjuangan dan partai persatuan pembangunan (jadi partai demokrasi persatuan... cem energi per-satuan waktu -_-). hmm... agum mantan ketua koni... ga tahu nih, koni bagus atau ga dulunya....

dasar kuper ^_^ baca berita dong, jangan nonton mamamia molo...

lagian bukan saya yang pingin nonton mamamia, supermama, superdut, dsb. -_-... (naudzubillah hi mindzalik, ya Allah lindungi saya, ibu saya, kakak, saya, adik saya, istri dan putri saya, kalau dikasih -_-, dan keluarga saya, keluarga teman saya, dan seluruh rakyat indonesia dari acara itu, apalagi jadi pesertanya!) tapi kan agum ni direkturny mnc yang punya rcti, global tv, ma tpi. nah, saya ga suka sama ketiga stasiun tersebut (apalagi tpi, dah ga ada yang worthy buat ditonton) kecuali kartunnya tentunya ^_^ (mak, ntar ada deathnote di global tv -_-). iklannya ga bagus-bagus amat ah... lagian kampanyenya didominasi warna merah dan hijau, paduan warna yang buruk (mengingatkan pada es batang berpewarna buatan yang dijual emang-emang waktu kecil -_-). entah yah.. tapi agum tuh auranya... saya rasa ga bagus (malah saya pernah bilang, dilihat dari wajahnya dia kayanya ga baik -_- dan saya ditegor aries... hiks -_-). sudahlah...

hade: heryawan dari partai keadilan sejahtera, dan dede yusuf yang mantan aktor laga itu merupakan kader muda partai amanat nasional (jadinya partai amanat sejahtera -_-.... pas!). makin banyak aja mantan aktor/aktris yang berlaga di dunia politik praktis, mungkin setelah melihat keberhasilan arnold swachzengger (gubernur california), dan rano karno (wabup tangerang). pasangan ini merupakan yang paling banyak dikampanyekan maupun dibicarakan oleh teman-teman saya, baik itu lewat status ym, milis, dan bahkan ada dua orang teman di comlabs yang memasang stiker kampanye di punggung laptop mereka ^_^. heryawan merupakan wajah paling teduh di antara para kandidat gubernur. sayangnya, kampanye terlalu menonjolkan dede yusuf sebagai public figure. 'saatnya yang muda.. saatnya yang muda..' sama seperti waktu rano karno berkampanye. tapi entah, saya tidak percaya sistem partai karena terlihat lebih mementingkan kekuasaan dan uang, namun partai amanat sejahtera (^_^) ini adalah yang paling saya percayai. pak iyan, kepala comlabs, menyayangkan heryawan yang menjadi cagub, sebab beliau meragukan latar belakangnya. heryawan adalah penyandang gelar lc. (you know what that means, right?) seorang yang lebih pakar dalam masalah agama. untuk urusan tata pemerintahan, akan lebih baik dipilih orang yang memang punya latar belakang tata pemerintahan atau keteknikan/ilmuwan (konon anak teknik logikanya terlatih -_- entahlah kalau saya...) seperti tifatul sembiring. entah apakah pa heryawan ini seorang da'i/ustadz atau bukan, namun seorang da'i harusnya mengikuti contoh aa gym yang pada pemilu presiden kemarin memilih netral, sehingga da'wahnya bisa didengar setiap golongan.

maaf keluar dari topik, tapi saya ingin mengatakan bahwa katanya aa gym sedang 'masantren' lagi, meski kalian mungkin sudah tahu. satu hal yang paling saya salut dari beliau adalah beliau bercita-cita menjadi ulama. saya sepakat jika dengan ilmu dan karyanya saat ini beliau masih kurang untuk disebut ulama, tapi saya tidak menyangka jika beliau betul-betul niat belajar ^_^. tapi jangan-jangan ini karena isu poligami -_- argh!!

sedikit mengingatkan kita pada mas ogen yang sedang ber-uzlah di pedalaman mesir (yah aneh juga sih dia masih bisa buka friendster ^_^). jika benar, kita do'akan agar dia kembali seperti khomeini.

well, lanjut! yang jelas di berita, saya lihat kampanye masih selalu ramai dan mengganggu jalan. pilkada dimanpun selalu membuat bumi tambah panas. titik -_- (saya mah lebih kepikiran ma rakyat daripada ma pemimpin... maklum saya mah rakyat juga paakkk....).

bukan hanya sekedar mikirin pemimpin, tapi pemimpin bagi rakyat, jadi, mikirin pemimpin kan mikirin rakyat juga. itu kalau kamu benar-benar masih peduli. lagipula memang pencerdasan rakyat butuh waktu.

sistem. saya lebih suka sistem pemilihan kepala gamais. bukan pemilu, tapi jajak pendapat. keputusan tertinggi ada di dewan musyawarah. pada pemilu, subjektifitasnya terlalu tinggi menurut saya. pada musyawarah, pemahaman dapat disamakan. itulah demokrasi pancasila (well i'm not really care..). tapi masalah memang ada di menentukan orang yang dipercaya untuk bermusyawarah. entahlah... soal politik pemerintahan mah... cups sayah mah.. untuk selanjutnya, mungkin saya akan ikut pemilu untuk menghargai sistem yang ada.

waAllahu a'lam bish showab....

update 20 April 2008:
dari kancah pemilu pres km: saat belum kelihatan ada gerak dari kabinet km yang baru (baru pengangkatan menteri), ada gosip dari tongkrongan bahwa terjadi keanehan pada jumlah suara yang diperoleh shana; meningkat menjelang akhir. dan ada selebaran provokatif dari psik (saya ga tahu isinya) yang kemudian di-clearkan (dianggap bukan masalah) oleh kongres. dan perdebatan pun berlanjut di selebaran gelap. eh, btw pas kominfo zaman shana, saya ga inget kalo infokus maupun soc (soul of campus) pernah terbit! kalaupun iya, paling sekali atau dua kali.

dan btw teman-teman... nampaknya ada 'seseorang yang masuk kabinet lagi ^_^' dan membuat hati fajar galau.

-__-

dari kancah pilkada jabar: heryawan menjadi gubernur terpilih dan dede wakilnya. meski kalau tidak salah, mereka sendiri tidak menggunakan hak pilih. meski katanya amien rais tidak mendukung mereka. meski katanya mereka tidak bersilaturahmi dulu dengan muhammadiyah.... don't care. btw maaf, pasangannya dani bukan irwan atau irwansyah, tapi iwan ^_^. bagaimanapun sistemnya, saya akan tetap bekerja.
"politicians are people that think about the next election -- statesmen are people that think about the next generation."
and revolutionists are people that think about the next revolution.

Comments

Anonymous said…
YOOOOOOOW.....

wah...
puanjang bo'..
ini teh nyeritain semua kandidat pemilu ya???
hwe he he he... (^_^)
bukan, tapi semua yang saya tahu mengenai pemilu -_-
Zakky Rafany said…
Hmmm...
Sebenernya saya tak terlalu respect sm Pilkada skrg. Ketiganya sgt mmbingungkan.

DA'I : Udah pernah nyoba. Dan hasilnya...

AMAN : Udah prnah jd menteri kok turun kasta pgn jd gubernur? Ada udang dibalik batu...?

HADE : Saya tak tahu betul. Tapi pak Amien bilang kalau pasangan ini tak prnah sowan ke ormas semacam Muhammadiyah.
geus ah pokona mah geus boga pamingpin anyar urang teh...

Popular posts from this blog

Dialog LXXX: Banyak Jalan Menuju Tomorrowland (Bag. 1/2)